Selasa, 02 Agustus 2011

Artikel Kegiatan Latgab dan Out Bound DKR Megaluh

Artikel Kegiatan LATGAB dan Out Bound DKR Megaluh
Dalam lingkup organisasi, seringkali menjadi sebuah pertanyaan bagaimana organisasi tersebut dapat berpengaruh terhadap pola tingkah laku individu di dalamnya. Namun kegiatan kepramukaan yang merupakan wadah pembinaan bagi pemuda-pemudi khususnya siswa - siswi Indonesia, telah menjadi roh penggerak tingkah lakunya dalam kehidupan sehari-hari yang berlandaskan pada pengamalan satya dharma pramuka. Nilai-nilai filosofis dari satya dharma pramuka tersebut merupakan dasar pembentukan mental, moral dan tingkah laku siswa - siswi tersebut sehingga dapat menjadi pribadi yang ulet, terampil, kreatif, bertanggung jawab, patriot dan tangguh dalam menghadapi segala cobaan yang ada. Beberapa hal tersebut telah menjadi bagian dari kehidupan yang berkualitas. Hal inilah yang kemudian menjadikan pramuka sebagai wadah pembinaan moral bagi generasi muda.
Secara historis, pramuka pun telah menjadi bagian dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia, dimana pramuka berperan dalam menumbuhkan semangat patriotisme siswa - siswi Indonesia sehingga perjuangan bangsa tidak terhenti karena para pejuangnya gugur di medan perang. Setelah lepas dari belenggu penjajahan secara fisik, fungsi pramuka sebagai pendidikan, permainan, dan pengabdian bagi masyarakat telah dapat mengubah ketergantungan siswa - siswi terhadap orang lain menjadi pribadi yang mandiri dan berjiwa sosial. Dengan demikian pramuka membentuk semangat kesetiakawanan sosial dan patriotisme yang ditanamkan melalui kegiatan-kegiatan yang bersifat mendidik. Dan media menumbuhkan semangat kesetiakawanan sosial dan patriotisme antar kelompok satu dan yang lainnya adalah diadakannya pertemuan antar pramuka yang mendidik secara periodik.
Seiring dengan perkembangan jaman jiwa – jiwa pramuka saat ini sangat perlu di kembangkan, dikarnakan moral yang mulai rusak dikalangan Remaja.
Sifat kemandirian, sopansantun bermasyarakat serta gotongroyang yang perlu di miliki oleh Para remaja saat ini.
Oleh karena itu DKR Megaluh mengadakn latgab dan out bound ini bertujuan untuk membentuk dan mengembalikan karakter-karakter jiwa pramuka yang saat ini mulai luntur dengan perkembangan jaman serta mengembangkan pramuka Kwartir Ranting Megaluh yang sudah lama fakum.
Dibawah ini adalah beberapa foto kegiatan waktu latgab dan out bound.





Inilah kegiatan yang dilakukan pada saat kegiatan latgab dan out bound, dapat dilihat betapa seriusnya para peserta yang mengikuti permainan ini.















Dalam kegiatan ini bukan hanya permainan saja yang disajikan tetapi juga pendalaman materi mengenai kepramukaan, dapat dilihat pada foto disamping, yakni peserta yang sedang serius mengikuti penyajian materi yang disajikan oleh penyaji dari andalan Kwartir Ranting Megaluh.








Kegiatan dibawah adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengenali lingkungan lebih dalam. seorang pramuka harus bisa mengenali lingkungan karena lingkungan itu sendiri adalah tempatnya pramuka.








Foto disamping adalah peserta yang sedang mengerjakan  sebuah permainan teka-teki, dalam permainan ini dmaksukkan untuk mengasah otak serta meningkatkan kekompakan dalam uatu kelompok yang terdiri dari anggota yang berbeda sekolah.







Inilah forum kebersamaan yang dikerjakan dalam kegiatan ini yaitu makan makanan ringan yang disediakan panitia (Foto dibawah)



                                                                                                        
-Dapat dilihat dalam foto disamping yakni peserta yang diajari untuk sadar akan kebersihan lingkungan        
















                       







-Kedua foto diatas adalah wajah-wajah sebagian anggota DKR Megaluh yang menjadi panitia LATGAB 2011

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar